Rabu, 09 November 2016

Konsep 5R

Konsep 5R

     hai sobat........... kali ini saya akan menginfokan tentang salah satu program adiwiyata di SMAGABOY. Dalam program sekolah Adiwiyata, SMA N 3 Boyolali menerapkan konsep 5R.
     Konsep 5R adalahsalah satu konsep yang diterapkan SMA N 3 Boyolali untuk kriteria penilaian sekolah adiwiyata mandiri. Konsep 5R terdiri dari :
1. Recycle atau mendaur ulang : kegiatan mengolah kembali atau mendaur ulang. Pada prinsipnya memanfaatkan barang bekas dengan cara mengolah materinya untuk dapat digunakan lebih lanjut. Contoh : mengolah sampah organik untuk dijadikan pupuk.
 2. Reduce atau pengurangan : kegiatan mengurangi pemakaian atau pola perilaku yang dapat  mengurangi produksi sampah serta tidak melakukan pola konsumsi yang berlebihan.contoh:      menggunkan alat makan dan dapur yang tahan lama dan berkualitas.
 3. Reuse atau penggunaan kembali :  kegiatan menggunakan kembali material atau bahan yang    masih layak pakai. contoh : menggunakan baterai isi ulang.
 4. Replace atau penggantian : kegiatan untuk mengganti pemakaian suatu barang atau memakai  baran alternartif yang sifat lebih ramah lingkungan dan dapat digunakan kembali.
 5. Replant atau penanaman kembali : kegiatan melakukan penanaman kembali. contoh : membuat kompos dan berkebun di pekarangan.
       itu tadi merupakan konsep 5R di SMAGABOY. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali di postingan saya berikutnya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar